Minggu, 02 Oktober 2011

Interaksi Manusia dan Komputer

interaksi manusia dan komputer adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh tujuan yang diharapkan. Ilmu Interaksi Manusia dan Komputer mempelajari rancangan sistem komputer yang ramah terhadap penggunanya.
Prinsip kerja komputer = input – proses – output.
Dalam berinteraksi dengan komputer manusia membutuhkan perangkat keras seperti keyboard,mouse,joystick dll. Dengan menggunakan perangkat tersebut pengguna berhadapan dengan ikon-ikon yang ada dalam komputer dan mengetikkan perintah yang diinginkan. Semua hal tersebut adalah bentuk interface (antarmuka) antara manusia dan komputer.
Media interaksi manusia dan komputer:
 Media GUI (Graphical User Interface)
Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual seperti VB(visual basic).
Media Tekstual
Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.

Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
untuk mempermudah manusia mengoperasikan komputer dan mendapatkan hasil umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer
Contoh: Dalam sebuah rumah sakit, suara Mengenal dari elektrokardiograf (EKG) berbunyi 'bip' dalam irama ke jantung.
Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.
Manusia butuh interaksi dengan komputer untuk membantu dan menghemat waktu menyelesaikan pekerjaanya

sumber:

id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar