Senin, 14 Desember 2009

(TUGAS 3 )ISD : ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, DAN KEMISKINAN (BAB 8)

TUGAS 3 ISD : ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, DAN KEMISKINAN (BAB 8)


+ Ilmu pengetahuan

Ilmu pengetahuan adalah suatu ilmu yang berasal dari buku, internet, korat, majalah, maupun alam semesta yang berguna untuk menambah wawasan. Ilmu dapat di peroleh dengan objek tertentu dengan sistematis, metodis, logis,empiris, umum, dan kumulatif. Sedangkan pengetahuan adalah informasi yang di ketahui dan di sadari manusia tetapi tidak di batasi oleh umur, deskripsi, hipotesis, konsep, dan teori.

+ 4 sikap ilmiah :

1. Sikap ingin tahu

2. Sikap kritis

3. Sikap obyektif

4. Sikap Tekun

+ Pengertian teknologi

Teknologi adalah sebuah rekayasa fikiran yang mencakup fisik dan biologis agar mencapai tujuan insani.

+ Ciri-ciri fenomena teknik :

1. Rasionalitas : suatu tindakan yang menggunakan perhitungan yang sudah di rencanakan.

2. Otomatisme : suatu rumusan yang dilaksanakan secara otomatis.

3. Otonomi : teknik yang berkembang melalui prinsip sendiri

4. Universalisme : suatu teknik yang berkembang secara menyeluruh/mendunia

5. Monisme : Semua teknik bersatu menjadi satu, berinteraksi, dan berkesinambungan

+ Pengertian kemiskinan

Kemiskinan adalah suatu ketidak mampuan untuk memenuhi kebutuhan, tidak memiliki tempat tinggal, dan tidak mencukupi untuk membeli pakaian. Dalam hal ini saya sangat menyayangkan kenapa masih saja ada orang yang mengalami kemiskinan padahal negara kita sudah merdeka seharusnya negara kita sudah terbebas dari kemiskinan.

+ Ciri-ciri manusia yang hidup di bawah garis kehidupan

1. Tingkat pendidikan yang rendah

2. Banyak yang masih muda dan tidak memiliki keterampilan

3. Tidak memiliki tempat tinggal yang tetap

4. Pendapatan yang tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari

+ Fungsi kemiskinan

Kalau menurut saya fungsi kemiskinan adalah membantu tugas orang kaya yang tidak sempat melakukan hal- hal sepele. Karena apabila tidak adanya kemiskinan maka, manusia d dunia tidak dapat saling membantu atu dengan yang lainnya.

(TUGAS 2) ISD : PEMUDA DAN SOSIALISASI (BAB4)

TUGAS 2 ISD : PEMUDA DAN SOSIALISASI (BAB4)


Pemuda adalah manusia-manusia muda yang memerlukan bimbingan ke arah yang lebih baik. Dalam hal ini yang memberikan bimbingan adalah orang tua. Yang memberikan pengaruh besar setiap hari pada pemuda adalah lingkungan keluarga, sekolah , maupun masyarakat sekitar.

Pemuda juga memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup bangsa dan negara. Keberhasilan suatu bangsa dan negara juga terletak pada pemuda karena secara tidak langsung pemuda adalah generasi penerus bangsa. Keberhasilan suatu bangsa dapat terwujud tergantung pada tingkah laku, pola fikir, kreativitas, dan semangat pemuda itu sendiri.

Saya adalah mahasiswa berarti saya juga termasuk pemuda maka saya juga berkewajiban untuk memajukkan bangsa dan negara ke dunia international.

+ Pemuda pembangkit

Pemuda pembangkit adalah pemuda yang memiliki semangat untuk mengubah nasib bangsa dan negara ke arah yang lebih baik. Pada umumnya mereka senang mencari kegiatan positif, mampu bersosialisasi dengan baik, dan memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar. Tipe pemuda ini adalah ciri yang di harapkan suatu bangsa dan negara

+ Pemuda nakal

Pemuda nakal adalah pemuda yang tidak memiliki semangat mengubah kehidupan bangsa ke arah yang lebih baik. Pada umumnya mereka justru senang mencari kegiatan negatif seperti memakai narkoba, minum-minuman keras, hidup bersenang-senang tidak memikirkan masa depan dan tidak memiliki semangat belajar. Tipe pemuda seperti ini justru malah membuat masyarakat menjadi resah.

+ Pemuda radikal

Pemuda radikal adalah pemuda yang sangat berkeinginan besar untuk melakukan perubahan besar dalam berkehidan bangsa dan negara dengan cara radikal. Justru malah seperti pemuda tersebut tertanam jiwa chauvimisme, yang selalu bangga terhadap bangsa sendiri dan menganggap lemah bangsa lain.

Sedangkan saya sendiri termasuk ke dalam golongan ”PEMUDA PEMBANGKIT”.

Menurut saya Indonesia akan maju apabila ada ada calon-calon pemuda yang berkeinginan besar merubah nasib indonesia dan peduli dengan nasib bangsa, tanpa memandang rendah bangsa lain.

( tugas 1 )ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU (BAB 1)

ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU (BAB 1)

+ Pendapat saya tentang bab ini adalah :

Saya setuju tentang “ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU” karena mata kuliah ISD sebagai tolak ukur prilaku mahasiswa dalam bersosialisasi dengan memperhatikan etika-etika pergaulan yang benar menurut ISD.

Dengan kita mempelajari ISD maka dapat menghasilkan sarjana yang mempunyai seperangakat pengetahuan yang terdiri atas :

1. Kemampuan akademis : kemampuan berkomunikasi secara ilmiah, baik secara lisan ataupun tulisan, maupun berfikir logis, kritis, dan sistematis.

2. Kemampuan professional : kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan.

3. Kemampuan personal : kemampuan kepribadian.

Jadi dengan mempelajari mata kuliah ini maka mahasiswa menjadi pribadi yang dapat diterima masyarakat luas dengan mudah.